Cara Mencegah Penyakit Ginjal

Penyakit gagal ginjal dapat menyerang siapa saja baik pria maupun wanita, tidak melihat dari segi sosial dan ekonomi. penyakit gagal ginjal umumnya disebabkan dari gaya hidup yang kurang sehat dan penyebab lainnya berasal dari beberapa penyakit terdahulu yang menyebabkan kerusakan pada ginjal.

Jika diketahui penyebab sakit atau gangguan ginjal karena pola hidup dan asuhan makanan maka seseorang disarankan untuk mengubah dan menyesuaikan gaya hidup dan asuhan pola makannya. kehidupan normal masih tetap dapat dijalani dengan sehat dan baik. Namun hal yang perlu diingat adalah dengan tetap menjaga kesehatan, mengatur pola makan dan diet makanan rendah garam, serta olahraga teratur.

Untuk mencegah dan menghindari agar ginjal tidak semkain kronis atau memperburuk keadaan ginjal, perlu dilakukan upaya pencegahan, diantaranya :

1. Lakukan olahraga teratur

Lakukan olahraga secara teratur dan ringan sesuai dengan kemampuan fisik, lakukan olahraga minimal 30 menit dalam 2-3 kali seminggu. Untuk seseorang yang mengalami sakit ginjal atau gangguan ginjal lakukanlah olahraga seperti joging, aerobik untuk menguatkan dan mengoptimalkan kembali otot-otot tubuh dan melancarkan sistem metabolisme tubuh.

2. Berhenti merokok

Rokok memang sudah diketahui memiliki efek negatif bagi tubuh dan kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Baik bagi mereka yang sehat maupun dalam keadaan sakit, rokok memang dilarang untuk dikonsumsi karena merugikan kesehatan tubuh. Hal ini diperkuat karena adanya kandungan nikotin dalam rokok yang merupakan zat berbahaya yang dapat melumpuhkan atau menurunkan fungsi organ tubuh manusia. Rokok dapat merusak paru-paru, jantung, ginjal, impotensi, kerusakan janin dll.

3. Mengurangi asupan makanana yang mengandung lemak jenuh

Banyaknya mengonkunsumsi makanan yang berkemak tinggi hanya akan menyebabkan penimbunan lemak dalam darah yang berakibat pada timbulny apenyakit kolesterol sehingga darah akan meningkat dan proses penyaringan darah dari lemak yang merupakan tugas dari organ ginjal akan semakin melemah sehingga ginjal tidak mampu lagi berkeja secara optimal dalam menyaring darah. Oleh karena kurangi dan batasi asupan makanan yang mengandung lemak, meski lemak sangat dibutuhkan tubuh namun dalam batas yang normal.

4. Menjaga berat badan

Obesitas atau kegemukan juga menjadi salah satu faktor dari gangguan ginjal karena kalori yang terkandung dalam tubuh melebihi batas normal, sehingga ginjal tak mampu mengendalikan zat-zat yang masuk dalam tubuh.

5. Perbanyak konsumsi air mineral atau air putih

Penyakit gangguan ginjal memiliki kaitan erat dengan asupan atau konsumsi dari air mineral yang sangat dibtuhkan tubuh. Tubuh manusia lebih banyak membutuhkan mineral yang bersumber dari air dan buah-buahan yang banyak mengadnung air. Pada seseorang tidak menderita gangguan ginjal sekalipun pasti pernah merasakan atau mengeluhkan ginjal mereka sering sakit akibat kurangnya cairan tubuh yang menyeimbangkan dan mempermudah ginjal untuk mengurai zat-zat sisa metabolisme tubuh yang kemudian akan dibuang melalui urine. Dengan rutin mengkonsumsi air putih minimal 8-10 gelas per hari atau lebih sesuai dengan kebutuhan tubuh dapat meringankan dan mencegah kerusakan ginjal dan faktor resiko dari penyakit ginjal.

6. Melakukan Checkup

Seseorang yang menderita gangguan ginjal, diperlukan untuk melakukan pemeriksaan terhadap tingkat kesehatan secara berkala atau dengan melakukan check up pada pemeriksaan darah atua urine untuk mengetahui apakah anda memiliki resiko terserang gangguan ginjal. Memeriksakan gangguan ginjal seperti kencing batu, prostat dapat mecegah munculnya gagal ginjal.


=====================================

>>> Xamthone Plus Membantu Pengobatan Penyakit Ginjal, Lihat Testimoni Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Penyakit Ginjal and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>