Gejala Awal Penyakit Ginjal

Gejala awal penyakit ginjal sangat umum dan menyerupai gejala penyakit lain, sehingga sering terabaikan dan tidak diwaspadai. Penyebabnya mungkin radang ginjal menahun, batu gijal, batu saluran kemih yang kurang mendapat perhatian, obat-obatan modern ataupun tradisional yang di makan dalam jangka panjang, hipertensi, diabetes, narkoba, atau penyakit ginjal genetik.

Ginjal tergantung dari sirkulasi darah untuk menjalankan fungsinya sebagai pembersih darah sampai tubuh. Bila terjadi gangguan pada sirkulasi darah akibat penyempitan pada pembuluh darah (kolesteroll, lemak, diabetes) sehingga tekanan darah mejadi berlebihan (hipertensi) yang berlangsung dalam jangka panjang (kronis), maka mengakibatkan kerusakan pada ginjal dan fungsinya akan menurun. Begitu pula adanya batu ginjal dan pembengkakan pada pembuluh darah akibat radang atau infeksi dan menmbulkan gejala awal penyakit ginjalnya seperti sumbatan yang membuat ginjal harus bekerja lebih keras. Sumbatan tersebut akan mengganggi kerja ginjal, karena penyaringan racun dan sisa metabolisme dilakukan melalui sistem vaskuler atau kumpulan pembuluh darah yang sangat halus di ginjal sangat rawan tersumbat.

ginjal-manusiaPenyebab gejala awal  penyakit ginjal yang disebut sebagai penyakit metabolik (metabolic syndrome) dimulai dari gangguan metabolsime karbohidrat yang menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang akan membebani kerja insulin. Bila dibiarkan terus menerus ini akan menyebabkan gejala awal penyakit diabetes melitus tipe 2, yang dapat mengundang penyakit lain yang terkait (penyempitan pembuluh darah, sakit jantung, dan gagal ginjal). Gangguan metabolisme dapat menyebabkan terjadinya penyakit degeneratif yang berbahaya, seperti diabetes, hipertensi, penyakit jantung koroner, lupus, dan kanker, yang beresiko menyebabkan terjadinya gagal ginjal kronis.

Gagal ginjal termasuk salah satu the silent killer yang berkembang tapa memberikan gejala sebagai tanda peringatan, tahu-tahu sudah menjadi kasus yang berat. Begitu fungsi ginjal sudah tinggal dibawah 5 persen, ginjal hampir tidak berfungsi lagi, dan cuci darah pun harus dilakukan. Padahal gagal ginjal mungkin diawali dari hal yang sepele, yaitu pola makan yang tinggi lemak dan karbohidrat, kurang gerak, dehidrasi (kurang minum) atau infeksi saluran kemih yang umum dialami oleh penduduk kota sekarang ini. Karena itu, waspadailah bila Anda mengalami infeksi saluran kemih yang berulang atau menderita batu ginjal.


=====================================

>>> Xamthone Plus Membantu Pengobatan Penyakit Ginjal, Lihat Testimoni Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Penyakit Ginjal and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>