Gejala Penyakit Gangguan Ginjal

Penyakit ginjal bukanlah termasuk dalam penyakit menular, namun penyakit ini dapat menyebabkan kematian seseorang yang tervonis penyakit gangguan ginjal. Seseorang yang tervonis mengalami penyakit ginjal ini membutuhkan perawatan dan pengobatan terus-menerus dan membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Penyakit gangguan ginjal yang sudah terdeteksi lebih cepat, akan lebih mudah untuk melakukan upaya pencegahan selanjutnya agar tidak semakin menimbulkan komplikasi dari penyakit ginjal yang semakin memperburuk keadaan menjadi penyakit kronis.

Menurut Prof. Dr. dr. Endang Susalit, SpPD-KGH dari Divisi Ginjal Hipertensi FKUI, beliau menyebutkan bahwa penyakit ginjal dapat menjadi suatu penyakit yang kronik apabila terjadi kerusakan yang sudah lama terjadi atau terjadi lebih dari 3 bulan yang berawal dari gangguan ginjal biasa yang kemudian menimbulkan luka atau infeksi pada ginjal, sehingga ketika dilakukan pemeriksaan ditemukan adanya kelainan pada struktur dan fungsi ginjal.

Penyakit ginjal yang kronik terjadi akibat penurunan fungsi ginjal yang semakin melemah yang kemudian perlahan terjadi gagal ginjal kronik yang merupakan stadium terberat atau stadium lanjut dalam penyakit gagal ginjal. Jika seseorang penderita gagal ginjal telah mencapai pada stadium lanjut atau stadium kronis, maka seseorang disarankan untuk melakukan cuci darah (hemodialisis) yang tentunya membutuhkan dana yang cukup besar selain itu diharuskan mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu untuk mengurangi kerusakan pada ginjal, ketika upaya pengobatan dengan melakukan cuci darah, kemudian konsumsi secara terus-menerus sampai batas waktu yang ditetapkan oleh dokter. Umumnya seseorang yang tervonis mengalami gagal ginjal kronik akan disarankan pula untuk melakukan cangkok ginjal.

Ginjal manusia yang bentuknya seperti biji kacang merah yang memiliki berat kurang lebih 150 gram atau sekitar setengah dari genggaman tangan, namun memiliki fungsi yang sangat penting dan mempengaruhi seluruh bagian organ tubuh manusia. Ginjal selain berfungsi sebagai media yang mengendalikan dan mengatur keseimbangan cairan tubuh, elektrolit dan asam basa. Ginjal yang memiliki fungsi utama sebagai alat untuk membuang sisa-sisa metabolisme dari racun tubuh, mengatur tekanan darah serta menjaga kesehatan tulang.

Kenali gejala-gejala dari penyakit ginjal, gagal ginjal dan keluhan seputar ginjal

Umumnya mereka yang menderita penyakit ginjal atau mengalami gangguan ginjal tidak menunjukkan gejala yang mudah dikenali dan terlihat oleh kasat mata, namun mereka yang mengalami gangguan ginjal akan mengalami penurunan pada fungsi organ ginjal hampir 90 % sebelum merasakan keluhan.

Namun waspadailah jika penyakit ginjal dan gangguan ginjal lainnya menunjukkan gejala seperti mengalami tekanan darah tinggi, perubahan jumlah air kemih, ada darah dalam air kencing, bengkak pada kaki dan pergelangan kaki, rasa lemah serta sulit tidur, sakit kepala, sesak, dan merasa mual dan muntah.

Setiap orang memiliki resiko terserang penyakit ginjal dan gangguan ginjal lainnya, namun penyakit ginjal akan memiliki resiko lebih besar pada mereka yang memiliki gangguan kesehatan seperti penyakit diabetes mellitus, penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, penyakit jantung dan faktor keturunan dari salah satu anggota keluarga yang menderita sakit ginjal.

Untuk mengetahui apakah kita mengalami atau memiliki resiko pada penyakit gangguan ginjal, dapat melakukan suatu pemeriksaan atau tes urine, jika urine yang kita miliki mengandung darah atau protein yang menunjukkan kelainan dari ginjal, maka dapat dikatakan kita memiliki resiko terserang penyakit gangguan ginjal.

Selain dengan melakukan pemeriksaan darah, kita juga dapat melakukan suatu tes darah dilaboratorium unutk mengetahui dan mengukur kadar kreatinin dan urea yang ada di dalam darah, jika ginjal diketahui tidak dapat berfungsi dengan baik, maka kadar kreatinin dan urea akan meningkatkan produksinya di dalam darah. Pemeriksaan lanjutan untuk mengenali kelainan berupa pemeriksaan radiologis dan biopsi ginjal. Biasanya pemeriksaan ini atas indikasi tertentu dan sesuai saran dokter.


=====================================

>>> Xamthone Plus Membantu Pengobatan Penyakit Ginjal, Lihat Testimoni Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Penyakit Ginjal and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>