Macam-Macam Penyakit Ginjal

Banyak masyarakat kita yang belum mengetahui secara pasti manfaat dari ginjal, sehingga banyak orang yang kurang memperhatikan organ yang sangat penting bagi kehidupan manusia.

Namun ketika organ ginjal ini mengalami gangguan fungsi, seseorang yang mengalami gejala dari kerusakan ginjal seperti sering berkemih namun jarang minum, mengalami penurunan volume air kemih karena tersumbatnya saluran kemih (keluar kencing sedikit), sesak napas, cepat merasa lelah, rasa nyeri di pinggang dan gejala lainnya.

Penyakit ginjal yang tidak cepat tertangani akan semakin memperburuk dan memperparah ginjal dan mengundang faktor resiko dari ginjal seperti penyakit degeneratif atau penyakit kronis (jantung, saluran kandung kemih, gagal ginjal akut atau kronik, diabetes mellitus, dan stroke).

Salah satu tahapan dari penyakit gagal ginjal kronis

Secara garis besar penyakit gangguan ginjal tebagi menjadi 3 jenis atau tahapan pada penyakit ginjal. Berikut ini adalah uraian dari beberapa jenis penyakit ginjal, diantaranya :

1. Ginjal akut

Ginjal akut merupakan penyakit ginjal yang pertama kali dicetuskan dari gangguan ginjal atau yang disebut dengan pre renal. Terjadinya ginjal akut disebabkan oleh beberapa hal, yakni :

- Mengalami muntaber kemudian pendarahan
- Kaki menjadi bengakak
- Mengalami tekanan darah yang semakin meningkat
- Rasa nyeri pada bagian pinggang
- Perubahan warna urine yang menjadi kemerahan

Ginjal akut kemudian akan mengalami peningkatan tahapan pada stadium yang terakhir yang disebut post renal yakni terjadi penyumbatan pada saluran kandung kemih yang disebabkan oleh adanya penyakit kencing batu, pembekuan darah, adanya tumor dsb.

2. Ginjal kronik

Ginjal kronik merupakan tahapan kedua dari gangguan ginjal yang disebabkan oleh beberapa serangan dari penyakit seperti diabetes mellitus, tekanan darah tinggi atau hipertensi batu ginjal yang diakibatkan dari efek samping konsumsi obat-obatan yang mengandung racun atau efek samping pada fungsi ginjal.

Gejala yang akan timbul bila seseorang terkena ginjal kronik adalah muka terlihat sangat sembab (lesu dan tidak bercahaya), tekanan darah yang terus meningkat, sulit untuk berkemih.

3. Gagal ginjal

Gagal ginjal merupakan tahapan terakhir dari gangguan penyakit ginjal atau kombinasi dari gejala-gejala penyakit ginjal akut dan ginjal kronik.

Pengobatan yang dapat dilakukan pada penyakit gagal ginjal dengan cara melakukan penerapan pola makan yang sehat, jika perlu melakukan diet sehat dan seimbang, diet rendah garam atau dengan cara melakukan terapi ginjal pengganti. Namun cara yang paling sering dilakukan adalah dengan melakukan cuci darah atau transplantasi ginjal atau cangkok ginjal.


=====================================

>>> Xamthone Plus Membantu Pengobatan Penyakit Ginjal, Lihat Testimoni Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Penyakit Ginjal and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>