Gejala Penyakit Ginjal Akut Dan Kronis

Ginjal adalah organ yang sangat kecil, ada dua buah ginjal di bagian kiri dan kanan di bawah tulang rusuk. Fungsi ginjal yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan tubuh karena ginjal membawa kotoran yang ada pada darah sehingga tubuh tidak mengalami gangguan kesehatan akibat dari limbah yang mengalir bersama darah. setelah dibersihkan ginjal akan membuangnya keluar tubuh. maka dari itu fungsi ginjal ini sangat penting, jika tidak ada ginjal maka kondisi tubuh bisa sangat buruk. namun, ada gangguan kesehatan pada ginjal apabila kesehatan ginjal tidak dijaga dengan baik. gangguan kesehatan pada ginjal karena mengalami penurunan fungsi baik salah satu atau kedua ginjal. jika salah satu ginjal tidak berfungsi dengan baik saja maka efeknya langsung terasa karena proses penyaringan limbah tidak berjalan dengan baik.

Fungsi Ginjal

Seperti yang sudah disebutkan ginjal akan membersihkan darah dari kotoran atau limbah yang ada di dalam tubuh setiap harinya, tetapi ada beberapa fungsi ginjal lagi yang perlu diketahui seperti :

  • Menyaring ampas metabolisme tubuh, hasil sampingan, dan cairan berlebih dari darah.
  • Menjaga keseimbangan kadar garam dan mineral dalam tubuh.
  • Menghasilkan renin, yaitu enzim yang membantu mengatur tekanan darah.
  • Menghasilkan senyawa aktif dari vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang.
  • Menghasilkan senyawa eritropoetin yang berfungsi menstimulasi produksi sel darah merah.
  • Mengatur kadar senyawa kimia dalam tubuh yang akhirnya membantu jantung dan otot-otot bisa berfungsi dengan baik.

Jika ada masalah pada fungsi ginjal maka fungsi ginjal yang sudah disebutkan diatasi bisa terhambat dan bisa tidak berfungsi dengan baik. karena itu penting sekali menjaga kesehatan ginjal dengan baik setiap harinya. penyebab penyakit ginjal akut dan kronis ada beberapa faktor seperti halnya karena pengaruh usia. Di usia 65 tahun risiko untuk menderita penyakit ginjal jauh lebih besar, karena penuaan juga mempengaruhi kesehatan seseorang. Selain dikarenakan oleh usia, risiko untuk menderita penyakit ginjal pun dikarenakan kurang asupan air. Kurang asupan air mineral menyebabkan dehidrasi dan hal ini lah yang menyebabkan kerja ginjal menjadi lebih buruk terlebih jika ditambah dengan asupan minuman tidak sehat seperti alkohol, minuman berwarna, soda termasuk minuman yang tidak terlalu sehat.

Infeksi ginjal juga meningkatkan risiko untuk mengalami penyakit ginjal akut dan kronis. Hal ini bisa dialami juga karena disebabkan oleh bakteri. Bakteri bisa masuk ke saluran kencing termasuk ke ginjal dan apabila sudah di infeksi bisa menyebabkan gangguan kesehatan ginjal, jika tidak dijaga dengan baik maka efeknya akan menyebabkan kerusakan pada ginjal atau fungsi ginjal menurun. Risiko untuk mengalami penyakit ginjal akut dan kronis pun bisa terjadi karena efek samping menggunakan obat. penggunaan obat obatan yang tidak baik untuk kesehatan ginjal bisa menyebabkan ginjal tidak berfungsi secara maksimal.gagalginjallllll

Gejala Penyakit Ginjal Akut Dan Kronis

Seseorang yang berisiko untuk menderita penyakit ginjal juga biasanya dari kalangan penderita diabetes juga. ketika menderita diabetes maka kerja ginjal akan di paksakan lebih keras lagi oleh karena itu lama kelamaan kerusakan pada ginjal bisa terjadi. biasanya jika penyakit diabetes susah parah baru akan ada kerusakan pada ginjal sehingga menderita penyakit ginjal akut dan kronis. Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik pastinya akan menyebabkan perubahan pada tubuh oleh karena itu ada gejala penyakit ginjal akut dan kronis yang bisa dialami oleh penderitanya. dibawah ini beberapa gejala penyakit ginjal akut dan kronis :

  • Gejala penyakit ginjal akut dan kronis Mual dan muntah

Penurunan fungsi ginjal bisa menyebabkan ketidaseimbangan di dalam tubuh jadi salah satu gejalanya bisa menyebabkan rasa mual dan keinginan untuk muntah cukup sering. namun, karena gejala seperti ini tidak spesifik sehingga banyak orang yang tidak langsung menyadarinya.

  • Gejala penyakit ginjal akut dan kronis Dehidrasi

Fungsi ginjal yang sudah tidak normal lagi maka bisa menyebabkan tubuh mudah dehidrasi. Oleh karena itu bisa memicu penurunan fungsi organ tubuh yang lainnya juga karena kekurangan asupan cairan.

  • Gejala penyakit ginjal akut dan kronis Sakit perut dan sedikit nyeri pinggang belakang

Gejala penyakit ginjal akut dan kronis memang tidak banyak yang spesifik, namun ada gejala spesifik yang biasanya muncul ketika sudah parah. nyeri pada bagian pinggang belakang salah satu gejala yang bisa dialami.

  • Gejala penyakit ginjal akut dan kronis Tekanan darah tinggi

Tekanan darah menjadi tidak stabil ketika fungsi ginjal tidak berfungsi dengan maksimal sebab ada kerusakan yang sudah dialami.

  • Gejala penyakit ginjal akut dan kronis Kebingungan

Ketidakseimbangan yang terjadi karena penyakit ginjal maka menyebabkan berbagai macam kondisi dan salah satunya membuat penderitanya merasa kebingungan.

  • Penimbunan cairan di beberapa bagian tubuh atau edema

Penurunan fungsi ginjal bisa menyebabkan penumpukan cairan karena ginjal yang tidak berfungsi dengan maksimal. oleh karena itu bisa ada beberapa bagian tubuh yang akan membengkak.

Gejala Penyakit Ginjal Akut Dan Kronis

Harga XAMthone Plus

Obat Ginjal

Obat Ginjal Untuk Mengatasi Gejala Penyakit Ginjal

Harga 1 Botol XAMthone Plus isi 350mL = Rp.265.000,-

Cara Beli XAMthone Plus:

KETIK SMS: Pesan XAMThone Plus, Jumlah Botol, Nama dan Alamat Kirim Anda ( Untuk menentukan Ongkos Kirim Anda )

KIRIM SMS KE: 0852-1617-3280

This entry was posted in Gejala Penyakit Ginjal and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.